Perbedaan Homestay dan Guest House di Indonesia

Perbedaan Homestay dan Guest House di Indonesia

Perbedaan Homestay dan Guest House di Indonesia

Ketika Anda memiliki rencana untuk berlibur keluar kota, salah satu hal yang  penting dan harus Anda persiapkan adalah menyewa sebuah penginapan. Namun apabila Anda memiliki saudara, teman ataupun keluarga di kota yang akan Anda tuju untuk berlibur maka akan sangat menghemat biaya apabila Anda bisa mampir untuk menginap disana. Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki saudara, teman maupun keluarga di tempat yang Anda tuju? Maka hal utama yang harus Anda rencanakan adalah mencari penginapan. Jika kita melihat di kota-kota ataupun di tempat-tempat wisata di Indonesia, terdapat banyak jenis penginapan yang terkadang kita bingung apa yang membedakan satu dengan lainnya seperti hotel, wisma, hostel, losmen, villa, homestay, guest house dan masih banyak lagi. Disini hanya akan mebahas apa yang membedakan homestay dan guest house yang terdapat di Indonesia.

Perbedaan Homestay dan Guest House di Indonesia

Perbedaan Homestay dan Guest House di Indonesia

Homestay dan Guest House

Jika kita pernah melihat, menyewa ataupun mengamati homestay dan guest house di Indonesia, mungkin kita akan bertanya-tanya apakah yang membedakan kedua istilah penginapan tersebut? Pada dasarnya kedua jenis penginapan tersebut adalah sama yaitu menyewakan sebuah penginapan dengan menonjolkan suasana yang lebih terasa seperti Anda tinggal di sebuah rumah. Ada yang bernuansa klasik, ada juga yang bernuansa modern. Namun penginapan homestay dan guest house tersebut pada umumnya masih dibagi menjadi dua status/tipe yaitu menyewakan keseluruhan rumah beserta fasilitasnya dan ada juga yang hanya menyewakan kamar saja. Berikut adalah kedua status atau tipe tersebut:

Homestay atau Guest House – Rumah Sewa:

Suatu penginapan yang menyewakan suatu tempat atau bangunan secara keseluruhan yang biasanya berbentuk sebuah rumah dan disewakan secara harian maupun bulanan. Pada umumnya penginapan ini menyediakan lebih dari satu kamar, menyediakan sarapan, terdapat fasilitas dapur, ruang makan, ruang keluarga, kamar mandi, dan fasilitas-fasiltas lainnya yang dapat dinikmati secara privat seperti Anda tinggal dirumah sendiri. Tipe penginapan ini sangat cocok bagi Anda yang berlibur ke luar kota bersama keluarga maupun beramai-ramai.

Homestay atau Guest House – Kamar Sewa:

Sebuah penginapan yang menyediakan kamar untuk disewakan secara harian maupun bulanan. Untuk penginapan jenis ini biasanya berbentuk rumah ataupun seperti rumah, jadi Anda akan merasakan suasana seperti di rumah sendiri. Penginapan ini menyewakan kamar sehingga Anda dapat menikmati fasilitas dikamar tersebut secara privat seperti AC, TV, kamar mandi dan lain-lain yang terdapat dikamar tersebut. Selain itu, biasanya penginapan ini menyediakan sarapan dan anda juga dapat menikmati fasilitas-fasilitas umum/bersama seperti dapur, ruang keluarga, ruang makan dan lain sebagainya. Jenis penginapan ini sangat tepat apabila Anda berlibur sendiri atau hanya dengan beberapa orang.

Karena diatas adalah perbedaan homestay dan guest house yang ada di Indonesia pada umumnya, mungkin ada juga yang menyewakan homestay dan guest house di Indonesia dengan cara yang berbeda. Mungkin Anda dapat membaca juga di wikipedia tentang istilah homestay dan guest house.