Kalibiru: Wow! Desa Wisata Alam di “Kulon Progo” Yogyakarta!

Desa Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta

Kalibiru – Menikmati pemadangan alam merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan apabila kita sedang jenuh dengan suasana keramaian, kemacetan ataupun ketika kita sedang jenuh. Salah satu dari begitu banyaknya tempat wisata alam yang cukup menarik dan dapat kita jumpai di Yogyakarta (Jogja) adalah Desa Wisata Kalibiru. Banyak yang beranggapan bawah Kalibiru ini adalah tempat wisata yang terdapat pemandangan atau wisata sungai yang berwarna biru. Namun anggapan tersebut adalah salah, karena Kalibiru yang terletak di Jogja ini merupakan nama suatu tempat wisata alam yang tepatnya berada di Hargowilis, yang berada di Kokap, di daerah Kulon Progo. Tempat ini menyajikan pemandangan dengan nuansa bukit atau pegunungan yang hijau.

Keindahan Desa Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo (Jogja)

Kalibiru Jogja Kulon Progo Wates

Kalibiru Jogja Kulon Progo Wates

desa wisata kalibiru yogyakarta

Desa Wisata Kalibiru Yogyakarta

 Apabila Anda sudah hampir sampai ke Desa Wisata Kalibiru, selama perjalan Anda menuju ke lokasi, Anda akan menikmati pemandangan hutan dan bukit disekeliling hingga pada akhirnya Anda sampai ke tempat tujuan wisata ini. Di Desa Wisata Kalibiru, selain Anda akan merasakan suasana alam yang masih asri dan segar, Anda juga akan disajikan pemandangan alam diatas Bukit Menoreh yang begitu fantastis. Namun tidak cuma sekedar pemandangan saja yang terdapat disana, Anda juga dapat mencoba untuk menguji nyali dengan bermain flying fox atau hanya sekedar berfoto berdiri di atas papan yang dipasang dipohon dengan tinggi kurang lebih 6 hingga 7 meter. Sebaiknya Anda tidak lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen menyenangkan tersebut. Waktu yang tepat untuk datang ke desa wisata ini adalah ketika pagi menjelang siang hari agar Anda dapat melihat jelas pemandangan diatas bukit dan tentunya pada saat kondisi cuaca sedang bersahabat.

Selain itu apabila Anda ingin menginap di Desa Wisata Kalibiru, banyak tersedia penginapan-penginapan warga sekitar yang disewakan sebagai penginapan homestay. Ada yang menyewakan per kamar, per seluruh rumah ada pula yang menyewakan per pondok (rumah joglo). Tarif atau biaya penginapan di sekitar Desa Wisata Kalibiru ini juga sangat cukup bersahabat. Jadi apabila Anda dari luar kota dan ingin menginap di tempat ini, maka tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak.

penginapan homestay kalibiru jogja

Penginapan Homestay (Rumah Joglo) di Kalibiru Jogja

Apabila Anda membawa kendaraan mobil atau motor, Anda dapat parkir terlebih dahulu ditempat parkir warga sekitar yang sudah disediakan. Kemudian Anda akan berjalan kaki naik ke atas menuju puncak wisata kalibiru. Di tempat wisata ini juga menyediakan beberapa kamar kecil dan juga mushola.

Apabila Anda dari kota Yogyakarta maka waktu tempuh perjalanan menuju Desa Wisata Kalibiru sekitar 60 Menit dengan perkiraan jalan lancar. Jarak tempuh menuju ke lokasi kurang lebih 43 Km. Apabila Anda membawa kendaraan pribadi, lebih baik melewat jalan wates hingga sekitar km 17 Anda dapat belok ke kanan (Barat) menyeberang rel kereta api. Setelah itu Anda tinggal melaju mengikuti jalan tersebut hingga anda menemukan arah jalan menuju Desa Wisata Kalibiru. Tersedia banyak petunjuk jalan disana yang sudah terpasang dipinggir jalan. Namun alangkah baiknya Anda bertanya kepada warga sekiatar apabila Anda masih merasa bingung untuk menuju ke Desa Wisata Kalibiru Jogja ini.

8 Komentar

  1. Adit

    on   said 

    Pernah ke kalibiru sekali tahun lalu dan pemandangannya waktu diatas pohon wow sekali. Kalau dari kota yogya sangat lumayan jauh. Paling enak sih naik motor. Oh ya wajib foto2 disana, hehe

    Balas
  2. Danang

    on   said 

    Wah iini dia salah satu tempat wisata yang kerenn lhoo dan wajib di kunjungi kalo pas di jogja. Mm.. Ternyata liburann masih lamaaaa. Ckckck..Checkk2 kalender dulu

    Balas
  3. Arfi Ardian

    on   said 

    Senengnya bisa main ke Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo bulan lalu, tempatnya memenag keren abis, cobain deh flying foxnya biar ga nyesel. 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *